News Update :
Home » , , » Download Format KKM Kurikulum 2013 Kelas 1-6 Revisi 2018 Lengkap PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, SBK, Ms Word dan Excel

Download Format KKM Kurikulum 2013 Kelas 1-6 Revisi 2018 Lengkap PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, SBK, Ms Word dan Excel

Penulis : Library Pendidikan on Jumat, 07 Desember 2018 | 19.09


KKM Kurikulum 2013 Kelas 1-6 Revisi 2018 Lengkap PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, SBK, Ms Word dan Excel, https://updateinfosekolah.blogspot.com/
KKM Kurikulum 2013 Kelas 1-6 Revisi 2018 Lengkap PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, SBK, Ms Word dan Excel
inilah CARA MENGHITUNG KKM

        KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

        KKM berfungsi sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK), sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran, sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD–nya, sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid).

Lihat dulu :
Download Gratis RPP, Silabus, Prota, Promes, KKM Kurikulum 2013 SD 

 Adapun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:

1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.

2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.

        Salah satu langkah awal bagi guru sebelum melaksanakan kegiatan awal pembelajaran adalah menentukan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda. Lebih jauh, dalam satu mata pelajaran terdapat nilai KKM yang berbeda pada tiap aspek. Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), pendidik bias lebih leluasa dalam menentukan nilai KKM. Sebagai catatan bahwa nilai KKM yang ideal adalah 75.

        Langkah awal penentuan KKM yaitu menentukan estimasi KKM di awal tahun pembelajaran bagi mata pelajaran yang diajarkan. Penentuan estimasi ini didasarkan pada hasil tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) bagi siswa baru, dan mendasarkan nilai KKM pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya.

        Penentuan KKM dapat pula ditentukan dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar siswa. Secara berurutan cara ini apat menentukan KKM Indikator – KKM Kompetensi Dasar (KD) – KKM Standart Kompetensi (SK) –  KKM Mata Pelajaran. Berikut ini langkah-langkah penghitungannya:

1. Kompleksitas

Kompleksitas merupakan tingkat kesulitan materi pada tiap indikator, kompetensi dasar maupun standart kompetensi. Semakin tinggi tingkat kompleksitas maka semakin kecil skor yang dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)

2. Daya Dukung

Faktor ini lebih ditujukan pada ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).

3. Intake

Intaks merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi).  Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).

Info terbaru :
DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SD-MI EDISI UPDATE TERBARU LENGKAP KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6
Lebih lengkap lagi perhatikan tabel di bawah ini:

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
1. Kompleks  : 
–  Tinggi = 1                       
–  Sedang = 2
–  Rendah = 3
2. Daya dukung :  
–  Tinggi =3
–  Sedang =2
–  Rendah =1
3. Intake : 
–  Tinggi = 1
–  Sedang = 2
–  Rendah = 3
Jika indikator memiliki kriteria : kompleks rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang. Maka nilainya adalah : ( 3 + 3 + 2 ) / 9 x 100 = 88,89 dibulatkab menjadi 89.

Lihat :
Contoh Surat Perihal Permohonan Pemasangan Baru Instalasi Listrik Untuk Sekolah
Langkah-langkah Menentukan KKM

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditentukan dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar minimal secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:

1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.

2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:

    a. Aspek Kompleksitas

     Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

    b. Aspek Sumber Daya Pendukung

    Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.

    c. Aspek Intake

     Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.

3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD.

4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran.

5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Inilah Administrasi Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tentang KKM, Silahkan download di bawah ini.

Selengkapnya ada di bawah ini.
Silahkan download !!!
Download KKM SD/MI Kelas 1 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]
Download KKM SD/MI Kelas 2 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]
Download KKM SD/MI Kelas 3 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]
Download KKM SD/MI Kelas 4 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]
Download KKM SD/MI Kelas 5 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]
Download KKM SD/MI Kelas 6 K13 Revisi 2018 [ Semester 1 ] - [ Semester 2 ]

Demikianlah informasi yang di share pada kesempatan kali ini.
Semoga dapat membantu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger